PANGAN SETENGAH JADI BERBASIS IKAN SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF PENURUNAN ANGKA STUNTING DAN PENINGKATAN ANGKA KECUKUPAN PROTEIN (AKP) TINGKAT RUMAH TANGGA

  • Oke Anandika Lestari Jurusan Budidaya Pertanian Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Tanjungpura, Pontianak

Abstract

Terusan merupakan wilayah pesisir kecamatan Mempawah Hilir, Mempawah Kalimantan Barat. Bidang perikanan merupakan sektor unggulan di Mempawah, terutama budidaya dengan sistem keramba jaring apung (KJA). Tingginya produksi atau hasil ikan ternyata tidak menjamin dapat mengatasi masalah stunting.Permasalahan yang ditemukan adalah rendahnya tingkat kesukaan konsumsi ikan karena cara pengolahan yang tidak praktis sehingga penyediaan di tingkat rumah tangga rendah  dan kurang disukai anak karena terdapat duri pada ikan sehingga merasa sulit untuk  dikonsumsi. Solusi dari masalah tersebut adalah memberikan teknik pengolahan pangan setengah jadi yaitu menjadi nugget dan kornet ikan dengan diperkaya rempah lokal. Solusi tersebut dapat memecahkan masalah mitra 1 yang merupakan kelompok KJA untuk meningkatkan nilai ekonomi ikan ketika harga ikan rendah, sekaligus permasalahan mitra 2 yang merupakan kelompok PKK Terusan untuk meningatkan penyediaan pangan berbahan baku ikan di tingkat rumah tangga. Kegiatan menunjukan keberhasilan yang ditunjukkan dengan terdapat 60% dari mitra 1 berhasil mengembangan produk olahan yang telah diberikan dan 50% dari yang mengembangkan telah menjadikannya sebagai sumber pendapatan tambahan dengan dijual, sedangkan 100% dari mitra 2 telah mengaplikasikan produk olahan sebagai hidangan di tingkat rumah tangga. Pengolahan ikan menjadi produk setengah jadi dapat meningkatkan kepraktisan dalam pengolahan selanjutnya dan umur simpan yang lebih panjang dengan cara pembekuan sehingga dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan konsumsi ikan terutama di tingkat rumah tangga. Harapan yang lebih besar dengan pengolahan ikan menjadi produk setengah jadi dapat meningkatkan minat konsumsi ikan terutama bagi anak hingga dapat menurunkan angka stunting dan meningkatkan angka kecukupan protein (AKP).


 


Kata kunci: KJA, Kornet, Nila, Nugget, PKK

How to Cite
LESTARI, Oke Anandika. PANGAN SETENGAH JADI BERBASIS IKAN SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF PENURUNAN ANGKA STUNTING DAN PENINGKATAN ANGKA KECUKUPAN PROTEIN (AKP) TINGKAT RUMAH TANGGA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 94-98, nov. 2018. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/115>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v2i3.115.
Section
Articles